Beranda Ragam Barongsai akan kembali beraksi pada hari raya Imlek 10 Februari 2024

Barongsai akan kembali beraksi pada hari raya Imlek 10 Februari 2024

0

TEROPONGBULUSARAUNG. COM, MAKASSAR – Kalangan orang – orang Tionghoa, bersiap siap menyambut perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024.
***

Terhitung dari saat ini kurang lebih satu bulan lagi mereka akan bergembira merayakan tahun baru Imlek yang pelaksanaannya tanggal 10 Februsri 2024.

Pada malam imlek mereka berbondong bondong ke klenteng untuk pemujaan sambil membakar lilin dan berdoa minta keselamatan. Pada malam Imlek semua klenteng yang ada di Makassar ramai. Ada barongsai yang dimainkan untuk menghibur kedatangan tamu – tamu dan juga pengunjung lainnya.
Biasanya setiap perayaan malam tahun baru imlek di klenteng berlangsung sampai larut malam dan keesokan harinya mereka saling bersilatirahmi antara kerabat. Di hari raya imlek mereka mengenakan busana yang warna merah cerah dipadu dengan warna lainnya.

Empat belas hari kemudian tibalah perayaan chagome menandai puncak dari perayaan tahun baru imlek. Dalam acara Chagome inilah banyak hiburan yang diadakan setiap klenteng. Tari – tarian budaya Sulawese Selatan, gendang pakanjara, musik tradisional tanjidor, barongsai dan perjunjukan musik lainnya. ” pokoknya ramailah dan banyak hiburan, ” ujar salah seorang pengurus klenteng di jalan Sulawesi. (*/ramli ).

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini