Beranda Politik Tamzil Linrung Back to Pangkep

Tamzil Linrung Back to Pangkep

206
0

TEROPONGBULUSARAUNG.COM, PANGKEP – Tamzil Linrung putra asli Kabupaten Pangkep dikenal sebagai tokoh nasional, berkeinginan “Back to Pangkep” guna mendaftarkan diri sebagai salah satu kandidat bakal calon bupati Pangkep masa bakti 2020 – 2025.
***
Sumber teropongbulusaraung menyebutkan, tekad Tamzil Linrung untuk balik ke kampung halamannya Kabupaten Pangkep semata-mata untuk membangun daerah tiga dimensi Kabupaten Pangkep lebih maju, berkembang dan jauh dari predikat daerah termiskin di Sulawesi Selatan.
Sebenarnya banyak potensi sumber daya alam yang dapat digali dan dikembangkan di Kabupaten Pangkep guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu diantara sekian banyak sumber daya alam (SDA) kabupaten Pangkep yang sangat menjanjikan adalah sektor perikanan laut.
Pangkep dikenal sebagai daerah kepulauan cukup luas di Sulawesi Selatan. Namun, potensi sumber daya alam yang ada di wilayah kepulauan belum terkelola secara maknsimal dan professional serta proporsional. Salah satu sektor yang sangat menjanjikan, kata sumber teropong bulusaraung adalah perikanan laut. Selama ini, masyarakat nelayan penangkap ikan di laut lepas menjual hasil tangkapannya ke Paotere Makassar. Kenapa tidak terfikirkan untuk membangun dermaga berjalan yang dapat menjangkau semua wilayah di kepulauan kabupaten Pangkep. Hasil tangkapan nelayan diarahkan ke pasar tradisional atau ke pasar – pasar lainnya yang ada di Kabupaten Pangkep.
Pangkep punya sumber daya periknanan selama ini hanya dinikmati segelintir oknum tertentu. Mengapa tidak dikembangkan usaha perikanan laut untuk selanjutnya dipasarkan di padat – pasar pangkep sendiri.
Ada fenomena yang patut menjadi perhatian kita semua, selama ini masyarakat nelayan di wilayah kepulauan terpencil tidak mampu mengkonsumsi ikan hasil tangkapannya. Mereka dipaksa oleh rentenir untuk membelinya dengan harga sesuai yang ditetapkan oleh para rentenir. Praktek semacam Ini telah lama berlangsung, kata sumber teropongbulusaraung, Selasa (8/10/2019) di Pangkajene.
Jangan pernah bermimpi masyarakat nelayan penangkap ikan di laut bisa sejahtera sepanjang para rentenir masih beroperasi. Memang sangat cerdik cara para rentenir. Sebelum para nelayan melaut, mereka diberi pinjaman untuk memenuhi kebutuhan selama melaut. Bahkan kebutuhan sehari-hari anak – isteri para nelayan pun disiapkan. Alhasil, semua hasil tangkapan para nelayan harus dijual kepada para rentenir yang kebanyakan berdomisili di Makassar. Kondisi ini sungguh sangat memprihatinkan. Saatnya kita memutuis rantai kegiatan para rentenir dengan menyiapkan modal terhadap para nelayan yang hendak turun melaut.
Saatnya Tamzil Linrung “Back to Pangkep,” untuk memajukan Pangkep ke depan. Jangan lagi menjadi daerah termiskin di Sulawesi Selatan. Semoga tokoh nasional, putra daerah asli Kabupaten Pangkep benar-benar mewujudkan keinginan mendaftarkan diri sebagai salah satu kandidat bakal calon Bupati Pangkep masa bakti 2020 – 2025. Segenap elemen masyarakat telah menantikan Tamzil Linrung Back to Panglep. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here