Beranda Aktualita Talut TMMD di Bawasalo Segeri, Mengurangi Resiko Banjir

Talut TMMD di Bawasalo Segeri, Mengurangi Resiko Banjir

21
0


TEROPONGB ULSARAUNG. COM, PANGKEP – Pembangunan tanggul laut sepanjang 90 meter di pesisir Kelurahan Bawasalo Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep kini dipacu pengerjaannya oleh personel Kodim 1421 Pangkep bersama masyarakat setempat melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 tahun 2019.
***

“Pembangunan tanggul laut program TMMD ke-106 tahun 2019 tersebut ditargetkan selesai 31 Oktober 2019”, ungkap Kapten Inf Hamzah, Danramil 1421 – 06 Segeri.

Sejumlah warga dan nelayan yang berada di Kelurahan Bawasalo Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep menyatakan bahwa tanggul pengaman laut yang dibangun oleh personel Kodim 1421 Pangkep bersama masyarakat diharapkan mampu mengatasi banji rob air laut.

Salah satu warga, Iwan (42), yang tinggal di Kelurahan Bawasalo, mengharapkan semoga dengan terbangunnya tanggul laut, masyarakat nelayan tidak lagi merasakan tingginya genangan air akibat banjir rob yang masuk ke dalam rumahnya. “Sebelumnya air naik bisa sampai satu – dua meter. Terakhir banjir itu sekitar tahun 2017, kata Iwan.

Iwan yang memiliki pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan pemancing ikan tersebut mengaku bahwa warga sangat menyambut positif pembangunan tanggul laut ini yang dibangun personel Kodim 1421 Pangkep melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-106 tahun 2019.

Semoga kehadiran tanggul laut, para penduduk yang memiliki pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan, tidak terkendala lagi.
Senada dengan itu, sejumlah warga lainnya sangat bersyukur dengan terbangunnya tanggul laut. “Semoga dengan adanya tanggul laut, warga tidak khawatir lagi terjadi rob atau genangan air.

Pembangunan tanggul laut di Kelurahan Bawasalo Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep merupakan bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 tahun 2019, yang bertujuan, di antaranya untuk mengurangi risiko banjir, banjir rob, dan mencegah penurunan permukaan air tanah di Kelurahan Bawasalo.

“Jadi, ini kami rencanakan tujuan tanggul laut itu, bagaimana mengatur terhadap terjadi land subsidence selama ini dan juga rob. Namun ini bukan satu-satunya yang menjawab dampak dari penurunan muka tanah., kata Kapten Inf Hamzah, Danramil 1421 – 06 Segeri. (sikra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here