Beranda Aktiviti SMP Negeri 3 Bungoro, Sekolah Model Terbaik Umum

SMP Negeri 3 Bungoro, Sekolah Model Terbaik Umum

33
0

TEROPONGBULUSARAUNG.COM, PANKEP – Lembaga pendidikan menengah pertama SMP Negeri 3 Bungoro merupakan sekolah model terbaik umum yang mewakili Kabupaten Pangkep pada penilaian sekolah model tingkat provinsi Sulawesi Selatan.
***
Program sekolah model (sekmod) saat ini tengah gencar-gencarnya dilaksanakan. Sekolah model merupakan amanat dari amanat Permendikbud Nomor 28 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Dasar dan Menengah.
Pada pasal 1 ayat 3 disebutkan bahwa “Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah yang saling berinteraksi secara sistematis, terencana dan berkelanjutan,” ungkap Kepala UPT SMP Negeri Bungoro Drs. H, Alimuddin Zamad,M.Pd saat bincang-bincang dengan wartawan anda di SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep, Rabu (4/12/2019).
Lalu, pasal 1 ayat 4 menyatakan bahwa “Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Dasar dan Menengah, yang selanjutnya disingkat SPMI-Dikdasmen adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas kebijakan dan proses yang terkait untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan menengah untuk menjamin terwujudnya pendidikan bermutu yang memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan” tandas H. Alimuddin.
Melalui implementasi SPMI, sekolah diberikan otonomi dalam mencapai delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) berdasarkan hasil pemetaan mutu. Adapun delapan SNP tersebut adalah; Standar Kelulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Sarana dan Prasarana, serta Standar Pembiayaan.
H. Alimuddin menambahkan pada penilaian penilaian sekolah model dan desiminasi, diselengarakan berdasarkan standar kemitraan, kewirausahaan, best practice terbaik yang dilaksanakan sekolah, kreativitas siswa, inovasi dan kretivitas guru.
Di SMP Negeri 3 Bungoro telah terbentuk tim sekolah Model, diketuai Muhammad Yakub, S.Pd, didampingi Sekretarisnya Kadriati, SE serta Bendahara Hasan, S.Pd.
Ketiga pembina tersebut yang membina siswa sehingga lahirlah siswa kreatif yang mengantarkan SMP Negeri 3 Bungoro mewakili Kabupaten Pangkep pada lomba sekolah model dan desiminasi tingkat povinsi Sulawesi Selatan di Soroako Luwu Timur.
Siswa-siswi kreatif SMP Negeri 3 Bungoro yang mengikuti penilaian siswa kreatif tingkat provinsi Sulawesi Selatan di Soroako Luwu Timur masing-masing-masing; Ahmad Faisal (9A), Mandasari (9B) serta Wahyu (9D)
Meski belum berhasil meraih predikat terbaik. Namun, anak didik kami telah memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Pangkep teristimewa SMP Negeri 3 Bungoro Kabupaten Pangkep, ungkap Muhammad Yakub. (sn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here