Beranda Aktiviti Pelatihan Pengendalian Massa

Pelatihan Pengendalian Massa

10
0


TEROPONGBULUSARAUNG. COM, PANGKEP – Pelatihan pengendalian massa (Dalmas) dilaksanakan Satuan Sabhara Polres Pangkep.
***

Hal ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan anggota menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 serta unjukrasa, ungkap Kepala Kepolisian Resort Pangkep AKBP Ibrahim Aji, S.Ik melalui Kasat Sabhara, Akp Nirwan, di halaman Mako Polres Pangkep, Sabtu (04/12/2019).

Pelatihan Pengendalian massa dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara Akp Nirwan, didampingi Kbo Sabhara serta Kanit dan Kasubnit Dalmas.
Pelatihan pengendalian massa dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan dari helm, tongkat serta tameng. Pelatihan tersebut bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan mengingat dalam waktu dekat akan dilaksanakan pilkada serentak, sekaligus mengingatkan kembali gerakan maupun formasi pengendalian massa yang terjadi di wilayah hukum Polres Pangkep, tandas AKP Nurwan.

Memang dalam mengendalikan massa terdapat beberapa tahapan, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata maupun water canon yang harus sesuai Standar Operational Procedure (SOP), pungkasnya. (sn/aipda agus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here