Beranda Aktualita Pangkep Raih Kembali Wistara

Pangkep Raih Kembali Wistara

17
0


TEROPONGBULUSARAUNG. COM, PANGKEP – Bupati Pangkep H. Syamsuddin A. Hamid, SE menerima penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Tertinggi, Swasti Saba Wistara di Gedung Sasana Bakti Praja Kemendagri RI, Selasa (19/11/2019).
***

Penganugerahan penghargaan itu berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/664/ 2019. Penghargaan juga diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian disaksikan Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.
Bupati Pangkep, H. Syamsuddin A. Hamid menuturkan, Predikat Swasti Saba Wistara itu untuk kedua kalinya diraih Kabupaten Pangkep, meski tahun sebelumnya hengkang dari Pangkep.

Selama kurun waktu 2016 hingga 2019, Bupati Pangkep Syamsuddin A. Hamid selalu berhasil mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat dengan peningkatan kategori setiap periodenya.

“Alhamdulillah, tahun ini berhasil meraih kembali Swasti Saba Kategori Wistara. Terima kasih dukungan segenap komponen masyarakat Kabupaten Pangkep, sehingga penghargaan ini dapat diraih kembali,” ujarnya.

H. Syamsuddin A. Hamid mengatakan, penghargaan tersebut selayaknya menjadi pemicu untuk meningkatkan sektor kesehatan di masa mendatang.
Prestasi ini juga harus di pertahankan. Ia berharap ada komitmen dan kebersamaan untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

“Untuk itu kita butuh dukungan seluruh sektor. Kita juga berterimakasih kepada Forum Kabupaten Sehat Tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa,” tandasnya.

H. Syamsuddin A. Hamid menambahkan, penghargaan kabupaten sehat diberikan pemerintah pusat ke daerah sebagai apresiasi penyelenggaraan program kabupaten sehat yang berkesinambungan.
“Penilaian mengacu indikator pokok dan indikator tatanan dengan berbagai inovasi yang melibatkan peran aktif masyarakat dan dukungan pemerintah dalam kapasitas sebagai tim pembina program Kabupaten/Kota Sehat,” pungkasnya.

Diraihnya kembali penghargaan Nasional dengan Predikat Swasti Saba Wistara tersebut merupakan wujud kerja sama antara masyarakat dan pemerintah kabupaten Pangkep dalam mewujutkan program Kabupaten Sehat 2019 sesuai indikator penilaian dari tim penilai dari pusat beberapa waktu lalu.

Kepala dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pangkep, dr. Hj. Indriaty Latief, M.Kes mengatakan penghargaan ini berupa Trophy dan Piagam diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada pemkab Pangkep yang diwakili oleh Wakil Ketua Forum Kabupaten Pangkep Ir. H. Andi Abbas Mangago di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

“Alhamdulillah, di akhir tahun ini (2019) kita kembali meraih predikat kabupaten Sehat dan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara,”kata Andi Abbas kepada media ini lewat pesan WhatsApp-nya.
Ia mengatakan, predikat tersebut diraih atas kerja keras Forum kabupaten sehat pemkab Pangkep yang di motori oleh Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Pangkep Hj. Rismayani Syamsuddin yang juga dikenal sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Pangkep bersama lintas sektor se Kabupaten Pangkep,”Semoga hal ini bisa dipertahankan di masa mendatang, “ tandas Andi Abbas.
Pada tahun 2019 ini, dari 514 kabupaten/kota se Indonesia, sebanyak 174 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba salah satunya pemkab Pangkep. (hj. Muli)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here