Beranda Aktualita Pangdam Hasanuddin Pimpin Gugus Tugas Covid-19

Pangdam Hasanuddin Pimpin Gugus Tugas Covid-19

0


TEROPONGBULUSARAUNG.COM, MAKASSAR – Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal Andi Sumangerukka pimpin Gugus Tugas Covid-19. Ditandai ‘kick off’ akselerasi Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan dengan struktur baru, Sabtu (28/3/2020)
***

Hal ini terungkap pada rapat ‘kick off’ akselerasi, Jalan Jend Sudirman, Makassar. Dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal Andi Sumangerukka serta Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Halim Pagarra. Saat bertemu, mereka serta peserta rapat hanya bersalaman ‘namaste’ atau tanpa kontak fisik.

Pada pertemuan tersebut, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaeman mengajak Andi Sumangerukka sebagai Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Virus Corona (Covid-19) dan Halim Pagarra sebagai Wakilnya untuk solid dalam menangkal penyebaran Virus Corona (Covid 19).
Pembentukan struktur baru Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 ini dilakukan, dikarenakan Ni’mal Lahamang (Ketua Gugus Tugas) sedang dalam kondisi kurang sehat. Dan jubir Gugus Tugas, Ichsan Mustari positif Virus Corona.

Tentunya dengan pengamanan yang ketat. Setiap yang masuk diwajibkan untuk dicek suhu tubuh. Serta para peserta pertemuan duduk dengan membatasi jarak dan mengenakan masker. Sebelum rapat pun, semua ruangan dilakukan penyemprotan disinfektan.
Andi Sudirman menyampaikan, bahwa pertemuan ini merupakan pertemuan perdana dengan struktur Gugus Tugas Covid-19 yang dikoordinir langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin. Untuk rapat selanjutnya akan diperbincangkan melalui video conference.

“Kick off sengaja dilakukan untuk briefing detail tentang satgas-satgas yang akan diefektifkan dan kolaborasi bersama Pemprov, Pemkab/Pemkot, TNI, Polri serta unsur lainnya,” tandas Wagub.
Kami akan memperketat pengarahan, guna mencegah banyaknya pasien yang tertular dengan virus yang mulanya berasal dari Wuhan, Cina itu, ungkap Panglima Kodam XIV Hasanuddin
“Tim ini akan kita arahkan lebih ketat termasuk operasional pencegahan, penindakan hingga recovery,” jelasnya.
Panglima Kodam XIV Hasanuddin Andi Sumangerukka mengaku, bahwa Gugus Tugas Covid-19 Sulsel pun akan menghadirkan drone untuk mendeteksi suhu tubuh.

“(alat) Drone, tadi sudah dipesan oleh ketua Gugus Tugas Covid-19. insya Allah, hari senin sudah tiba. Fungsinya untuk mendeteksi suhu tubuh warga yang berada di keramaian seperti pasar,” bebernya.
Lebih lanjut, “tim juga diharapkan akan bergerak untuk mendeteksi dini arus masuk warga dengan memberikan edukasi dan sosialiasi self quarantine, pemetaan OPD, RS khusus Isolasi,” terangnya.
Ketua MES Sulsel ini pun berharap, dengan struktur baru Gugus Tugas Covid-19 ini beserta unsur lainnya bisa menjadi tim terbaik dalam penanganan Virus Corona.
“Semangat, solid, sinergi dan perbanyak berdoa, serta zikir kepada Allah. Semoga kita semua bisa keluar dari cabaan ini, aamiin,” pintanya.(syahrir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here