Beranda Liputan Utama Lantamal VI Gelar Upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2020

Lantamal VI Gelar Upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2020

0

TEROPONGBULUSARAUNG.COM, MAKASSAR – Kobarkan semangat pertempuran Komodor Yos Sudarso, jajaran Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar gelar upacara peringatan hari Dharma Samudera Tahun 2020 yang di tandai dengan pengibaran bendera Merah Putih bertempat di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Selasa (15/01/2020).
***
Upacara mengenang pertempuran di laut Arafuru tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas dan sebagai Komandan Upacara Mayor Laut (KH) Syamsuddin.
Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lantamal VI membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E, M.M mengatakan pertempuran laut arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut Indonesia yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.
Sebagai prajurit laut, Komodor Yos Sudarso menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban, sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut, ujar Danlantamal VI membacakan Amanat Kasal.
Lebih lanjut dikatakan , pertempuran yang kita hadapi saat ini dalam mewujudkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak banyak berubah, namun hanya menunjukkan karakter pertempuran yang berbeda segala tantangan menyangkut batas laut teritorial NKRI menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia dan khususnya TNI Angkatan Laut.
Oleh sebab itu, nilai-nilai kejuangan Yos Sudarso dan pelaut-pelaut tersebut wajib diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut saat ini, yaitu agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan, tegas Danlantamal VI menyampaikan Amanat Kasal kepada seluruh personel Lantamal VI.
Turut hadir dalam upacara peringatan tersebut, Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M , Para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Kafasharkan Makassar, Danyonmarhanlan VI, Dansekesal Makassar, Kaladokgi TNI AL Yos Sudarso beserta para Kadis / Kasatker Lantamal VI serta seluruh personel Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI. (sn/jamal hengki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini