Beranda Aktualita Dialog Pendidikan HUT PGRI ke – 75

Dialog Pendidikan HUT PGRI ke – 75

0

TEROPONGBULUSARAUNG. COM, PANGKEP    –     Dinas Pedndidikan Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama Dewan Pendidikan menggelar Dialog Pendidikan di masa pandemi Covid – 19 dalam rangka memperingati HUT PGRI ke – 75 dan Hari Guru Nasional tahun 2020 di gedung pertemuan Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep, Sabtu (21/11/2020).

***

Dialog Pendidikan di masa pandemi Covid – 19 dalam rangka memperingati HUT PGRI ke – 75 dan Hari Guru Nasional tahun 2020 mengangkat tema : “Pembelajaran Efektif Di Masa Covid – 19” dengan pameteri tunggal Drs. H.  Muhammad Ridwan, M.Pd. (mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep)

Ketua Dewan Pendidikan  Kabupaten Pangkep  Drs. H. Abd. Waqi’ Murtala saat membuka secara resmi dialog pendidikan memperingati HUT PGRI ke – 75 dan Hari Guru Nasional tahun 2020 mengatakan tema kegiatan dialog adalah Pembelajaran Efektif Di Masa Covid – 19 memang amat tepat mengingat masa pandemi Covid – 19 belum diketahui kapan berakhirnya.

Ia menyebutkan di masa pandemi Covid – 19 diharapkan agar guru terus berinovasi meningkatkan mutu pendidikan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada dinas pendidikan  bersama dewan pendidikan yang  telah berperan aktif dalam kegiatan dialog ini,” tandas H. Abd. Waqi’ Murtala.

Kunci dalam peningkatan mutu pendidikan ada pada kerjasama seluruh pihak. Bukan hanya kebijakan dari Pemkab cq Dinas Penduidikan, melainkan juga dari sisi SDM guru.

“Untuk menuju bermutu, Pemkab Pangkep telah mengupayakan melalui kebijakan politik dari APBD dimana pemda menyiapkan  APBD bidang pendidikan yang cukup besar  dari APBD Kabupaten Pangkep. Jihad pemkab Pangkep  salah satu poin penting adalah di bidang pendidikan.

Hal ini menjadi sebuah kesempatan bagi guru. Bupati mengumpamakan guru sebagai prajurit, sementara Bupati tugasnya hanya memastikan bahkan kelengkapan prajurit terpenuhi.

“Eksekutor pertama dan terakhir tetap ada pada guru. Oleh karenanya, tahun 2020 dan seterusnya dengan rasa hormat meminta kepada para guru untuk meningkatkan mutu pendidikan merata melalui profesionalismenya,”tegas Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pangkep.

 

  1. Muhammad Ridwan selaku key note mengatakan, memang di masa pandemi Covid – 19 proses pembelajaran yang efektif adalah belajar dari rumah (daring).

Dialog pendidikan memperingati HUT PGRI ke – 25 dan Hari Guru Nasional 2020 yang diikuti ratusan kepala sekolah, pengawas serta guru  terlahir beberapa isu aktual yang menjadi content dialog antara lain; penguatan dan pemberdayaan komite sekolah, aktualisasi peran dewan pendidikan sebagai mitra pemerintah  untuk peningkatan mutu pendidikan, pengangkatan dan pemberhentian kepala sekolah berbasis  merit system, pro –  kontra pembelajaran dengan pendekatan daring, peningkatan profesionalisme guru menghadapi era revolusi industri 4 .0, partadigma baru pendidikan era Nadim Makarfim.

Dialog  berlangsung dengan apik, ditata dengan pendekatan brainstorming. Banyak pemikiran-pemikiran cemerlang, ide dan gagasan – gagasan super inovatif bermunculan.

Dialog pendidikan memperingati HUT PGRI ke-75 dan Hari Guru Nasional 2020  selain dihadiri oleh Ketua Dewan pendidikan Drs. H. Abd. Waqi’ Murtala, juga hadir Sekretaris Dewan Pendidikan H. Rizal Syarief Lompi, Bendahara  Nurbaini A., Yathrib serta sejumlah anggota.(*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here