Beranda Liputan Khusus Bekali 221 Taruna – Taruni Poltekpel Barombong Bela Negara

Bekali 221 Taruna – Taruni Poltekpel Barombong Bela Negara

0

TEROPONGBULUSARAUNG. COM, MAKASSAR     –    Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP,  memberikan pembekalan/kuliah umum  kepada  221 orang Taruna  Taruni   Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong hari Kamis,(15/10/2020)

***

Saat berkunjung  di kampus Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong tersebut, Danlantamal VI disambut langsung oleh Direktur Poltekkes Barombong Capt Sugiono,  dan langsung menuju Aula Sasana Krida Hengkara Poltekpel Barombong.

Dalam pembekalan yang  menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut, Danlantamal VI di depan  tunas Taruna Pelayaran niaga angkatan LXIV  mengatakan,  bela negara adalah untuk segenap bangsa, komponen cadangan matra laut merupakan salah satu unsur pendukung komponen utama pertahanan negara dengan cara melaksanakan kegiatan  bela Negara, kata Danlantamal.

“Armada kapal – kapal  niaga, pelayaran dan sebagainya merupakan salah satu unsur komponen cadangan matra laut,  Sedangkan peran TNI AL dalam mendukung program pemerintah yaitu program Indonesia menuju poros maritim dunia. “

Adapun inti dari pembekalan  ini adalah, keberlangsungan pengembangan jiwa bahari dan pembangunan kemaritiman dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, sangat bergantung pada salah satunya sumber daya manusia Indonesia.

Selanjutnya, dibutuhkan adanya konsistensi setiap komponen bangsa untuk mewujudkan kebijakan pemerintah dengan satu perancangan membangun kembali jiwa bahari dan kejayaan maritim Indonesia, sesuai perkembangan saat ini.

“Sudah menjadi suatu keharusan bagi kita untuk memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan negara kepulauan Indonesia agar mampu menghadapi setiap ancaman bangsa kedepan yang akan semakin besar, kompleks, dinamis dan multi dimensi. Dimana salah satu konsep bangsa ini adalah komponen pertahanan bangsa yang mencakup komponen cadangan yang dapat diwadahi dalam kesadaran bela negara ”, kata Danlantamal VI menutup pembekalannya.

Turut hadir dalam pembekalan tersebut, Asops Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI serta sejumlah pejabat Poltekpel Barombong. (*/jamal hengki)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here